Sejarah Singkat Hari Guru Nasional

Sejarah Singkat Hari Guru Nasional – Hari Guru Nasional diperingati berbarengan dengan perayaan ulang tahun PGRI Persatuan Guru Republik Indonesia. Diawali dari perjuangan para guru Tanah Air melalui Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada 1912. Beranggotakan para guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah. Mereka ditugaskan di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angka Dua. Di masa yang sama, berkembang juga organisasi guru dengan beragam latar belakang seperti keagamaan dan  kebangsaan.

Sejarah Singkat Hari Guru Nasional
guru dan murid zaman dulu

Sejarah/Cerita Singkat Tentang Hari Guru Nasional

 Pada zaman pendudukan Jepang segala organisasi dilarang, sekolah ditutup, Persatuan Guru Indonesia (PGI) tidak dapat lagi melakukan aktivitas.

Semangat proklamasi 17 Agustus 1945 menjiwai penyelenggaraan Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24 – 25 November 1945 di Surakarta. Melalaui kongres ini, segala organisasi dan kelompok guru yang didasarkan atas perbedaan tamatan, lingkungan pekerjaan, lingkungan daerah, politik, agama, dan suku, sepakat dihapuskan.

Mereka adalah – guru-guru yang aktif mengajar, pensiunan yang aktif berjuang, dan pegawai pendidikan Republik Indonesia yang baru dibentuk. Mereka bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di dalam kongres inilah, pada tanggal 25 November 1945 – seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

Mereka akhirnya meresmikan kelahiran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada 25 November 1945. Sejak saat itu, pemerintah menetapkan hari lahir PGRI sebagai Hari Guru Nasional dan menjadikannya momentum penghormatan kepada para pahlawan tanpa tanda jasa di Tanah Air.

Terkait Hari Guru Nasional Baca juga:
Kata Mutiara Ucapan Selamat Hari Guru Nasional
DP BBM Selamat hari guru nasional

Demikianlah Sejarah Singkat Hari Guru Nasional, semoga dengan membaca teks cerita sejarah hari guru ini bisa menambah wawasan para pembaca khususnya para guru dan murid agar faham makna hari guru dan semakin menghargai jasa para guru, dan bagi murid semakin giat lagi dalam belajar dan berprestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *