Pengertian Konduksi, Konveksi, Radiasi dan contohnya

Pengertian Konduksi, Konveksi, Radiasi – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian konduksi, konveksi, dan radiasi langsung saja kita bahas, gambar dibawah ini adalah contoh ilustrasi sederhana tentang konduksi, konveksi dan radiasi.

Pengertian Konduksi, Konveksi, Radiasi dan contohnya

Pengertian Konduksi

Konduksi yaitu perpindahan kalor melalui zat penghantar dengan tanpa perpindahan bagian-bagian zat tsb. Perpindahan kalor dengan cara konduksi biasanya terjadi pada zat padat. Zat bisa menghantar kalor disebut sebagai konduktor misalnya berbagai jenis logam. Zat penghantar kalor yang buruk disebut isolator, pada umumnya benda berupa non logam. 

Contoh konduksi:

Coba memanaskan batang besi di atas nyala api. Apabila salah satu ujung besi dipanaskan, kemudian ujung yang lain dipegang, maka semakin lama ujung yang dipegang semakin panas. Ini menunjukkan jika kalor atau panas berpindah dari ujung besi yang dipanaskan ke ujung besi yang satunya lagi.

Pengertian konveksi 

Perpindahan kalor melalui zat penghantar yang disertai dengan perpindahan bagian-bagian zat itu. Pada umumnya zat penghantar yang dipakai berupa zat cair dan gas. Kalor berpindah karena adanya aliran zat yang dipanaskan akibat adanya perbedaan massa jenis (berat jenis). Massa jenis bagian yang dipanaskan lebih kecil daripada massa jenis bagian zat yang tidak dipanaskan.

Contoh konveksi:

Coba memanaskan air dalam panci hingga mendidih. Peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan konveksi kalor adalah terjadinya angin darat dan angin kalor.

Pengertian radiasi 

Perpindahan kalor tanpa memerlukan zat perantara. Pancaran kalor hanya terjadi dalam gas atau ruang hampa, misalnya penghantaran panas matahari ke bumi melalui ruang hampa udara. Alat yang digunakan untuk mengetahui adanya pancaran kalor yang dinamakan termoskop. Termoskop diferensial dipakai untuk menyelidiki sifat pancaran berbagai permukaan.

Contoh radiasi:

Perpindahan panas dari cahaya matahari ke bumi. Radiasi kalor juga dapat terjadi pada lampu pijar listrik yang sedang menyala dan api unggun yang sedang menyala. Ketika kita berada di sekitar api unggun yang sedang menyala di tempat perkemahan, tiba2 badan kita menjadi hangat karena adanya radiasi kalor yang dipancarkan oleh api unggun tersebut sehingga kita tidak jadi kedinginan.

Baca juga: Pengertian & Contoh Perubahan Tetap dan Sementara

Itulah informasi singkat mengenai Pengertian Konduksi, Konveksi, Radiasi. Semoga teman-teman pelajar dapat menambah ilmu pengetahuan dan bermanfaat sehingga menambah wawasan mengenai pengertian konduksi, pengertian konveksi, pengertian radiasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *