Pengertian cerpen adalah

Pengertian cerpen adalah – Cerpen biasa juga disebut cerita pendek. Maksud dari cerita pendek disini adalah ceritanya tidak lebih dari sepuluh ribu kata atau kurang dari sepuluh halaman. Cerpen memberikan kesan tunggal yang memusatkan diri pada satu tokoh dan satu situasi tertentu saja. Cerpen adalah jenis karya sastra yang memaparkan kisah ataupun cerita tentang kehidupan manusia lewat tulisan pendek. 

Pengertian cerpen adalah

Ciri-ciri dari sebuah cerpen adalah sebagai berikut:

  1.     Terdiri kurang dari 10.000 (sepuluh ribu) kata.
  2.     Habis dibaca dengan sekali duduk.
  3.     Isi dari cerita berasal dari kehidupan sehari-hari.
  4.     Penggunaan kata-kata yang mudah dipahami oleh pembaca.
  5.     Bersifat fiktif.
  6.     Hanya mempunyai 1 alur saja.
  7.     Bentuk tulisan yang singkat lebih pendek dari Novel.
  8.     Penokohan dalam cerpen sangat sederhana.
  9.     Mengangkat beberapa peristiwa saja dalam hidup.
  10.     Kesan dan pesan yang ditinggalkan sangatlah mendalam sehingga si pembaca ikut merasakan isi dari cerpen tersebut.

Definisi cerpen

Pengertian Cerita Pendek – Cerpen adalah  karangan fiktif berisikan mengenai sebagian kehidupan seseorang atau juga kehidupan yang diceritakan secara padat  fokus pada suatu tokoh utama saja. 

Menurut pendapat beberapa ahli cerpen dapat diartikan sebagai berikut :
 Nugroho Notosusanto (dalam Tarigan, 1993:176) mengatakan bahwa cerpen adalah cerita yang panjangnya di sekitar 5000 kata atau kira-kira 17 halaman kuarto spasi yang terpusat dan lengkap pada dirinya sendiri.

Sedangkan menurut, A. Bakar Hamid dalam tulisan “Pengertian Cerpen” berpendapat bahwa: yang disebut cerita pendek itu harus dilihat dari kuantitas, yaitu banyaknya perkataan yang dipakai: antara 500 – 20.000 kata, adanya satu plot, adanya satu watak, & adanya satu kesan.

 Cerpen adalah karangan pendek yang berbentuk prosa. Dalam cerpen dipisahkan sepenggal kehidupan tokoh, yang penuh pertikaian, peristiwa yang mengharukan atau menyenangkan, dan mengandung kesan yang tidak mudah dilupakan (Kosasih dkk, 2004:431).

 Struktur Cerpen

1. Abstrak
2. Orientasi
3. Komplikasi
4. Evaluasi
5. Resolusi
6. Koda

Demikianlah Pengertian dan definisi cerpen, semoga menambah wawasan para pembaca blog kata-kata ini, khususnya bagi yang ingin berencana membuat cerpen sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *