Contoh pidato hari pahlawan 10 november 2019

Contoh pidato hari pahlawan 10 november 2016 – Hari Pahlawan merupakan momen penting setelah  Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 14 Agustus 1945 dimana terjadinya sebuah pertempuran sengit yang telah banyak gugurnya para pahlawan sampai sekitar 6000 jiwa yang tercatat telah gugur dimedan perang, peristiwa yang sangat dikenang disaat para pemuda pejuang bangsa dengan berani merobek bendera Belanda warna biru sehingga menjadi merah putih sesuai bendera negara kita.

Contoh pidato hari pahlawan 10 november 2016

Memperingati setiap tanggal 10 November bisa dengan melakukan acara lomba pidato, pertandingan, istighosah, berziarah ke makam para pahlawan, dan semua kegiatan yang baik untuk mengenang sekaligus mendoakan arwah para pahlawan.

 Berikut ini Contoh pidato hari pahlawan 10 november 2016

Assalammualaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi
Yang Terhormat kepada Bapak Kepala Sekolah serta Bapak Ibu Guru dan teman teman sekalian yang saya sayangi.

Pertama tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Berkat Rahmat dan Hidayahnya, sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam Peringatan Hari Pahlawan Nasional Indonesia dan dalam keadaan sehat wal afiat. Tak lupa juga Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Hadirin Yang berbahagia.
Hari Pahlawan adalah Peristiwa Sejarah Pertempuran Indonesia yang terjadi pada tanggal 10 November 1945, Peristiwa ini di peringati karena untuk mengenang kembali jasa Pahlawan Kita. Pahlawan Indonesia telah berjuang mempertaruhkan jiwa, raganya serta hartanya untuk kemerdekaan Indonesia.

Kemerdekaan bangsa ini tercapai karena rakyat Indonesia mempunyai semangat perjuangan yang sangat tinggi. Tanpa semangat perjuangan yang sangat tinggi, kita yakin kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai. Selamanya rakyat Indonesia akan hidup dibawah penindasan penjajah. Para penjajah negeri kita bermaksud menguasai pemerintahan dan mengeruk kekayaan bangsa ini. Berbagai cara mereka lakukan. Para penjajah itu memaksa rakyat Indonesia bekerja lewat kerja rodi dan romusa. Tanpa upah mereka harus bekerja keras. Bahkan, tanpa makan yang cukup. Oleh karena itu, banyak rakyat Indonesia yang meninggal pada saat kerja rodi dan romusa.

Hal lain yang perlu kita teladani yaitu .Kita sebagai generasi muda harus tangguh seperti Pahlawan kita yang tangguh untuk menggapai cita cita mereka. Mereka mau belajar untuk mecapai cita-cita mereka. Para pahlawan tidak hanya mencucurkan keringat tetapi juga dengan segenap jiwa mereka untuk kemerdekaan Indonesia. Namun mereka tetap teguh berjuang membela negara dan mempertahankan prinsip mereka.

Semangat rela berkorban para pejuang kita yang begitu besar itu patut kita teladani juga.

Sudah saatnya generasi muda di kenalkan kembali kepada nilai-nilai kepahlawanan yang sudah mulai luntur dan tidak berarti lagi. Dengan mengenal para pahlawan maka kita pun akan di ajarkan untuk membangun kembali sikap kepahlawanan, patriotisme dan nasionalisme. Lihatlah mereka yang telah berhasil, mereka telah menunjukkan bahwa cita-cita mereka bukanlah hal yang mustahil.

Teman teman sekalian

Semoga Pidato ini dapat membuat kita lebih tangguh dan semangat untuk menjadi penerus bangsa kita. Berjalan selaras untuk meneruskan perjuangan para pahlawan mencapai cita – cita bangsa, yaitu Indonesia yang lebih baik kedepannya. Kita sebagai generasi penerus harus senantiasa mendoakan arwah para pahlawan agar diterima disisi Tuhan Yang Maha Esa. Semoga bangsa ini senantiasa dalam lindungan-Nya, tetap dikaruniai kemerdekaan dan persatuan. amiin.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, apabila ada kekurangan saya mohon maaf.

Wassalamuallaikum Wr. Wb

Sekali Merdeka, Tetap Merdeka!!!

Assalamualaikum Wr. Wb
Alhamdulillah, segala Puji beserta syukur mari kita panjatkan kepada Allah SWT  karena atas rahmatnya kita semua dapat berkumpul pada tempat yang mulia ini dan semoga kita semua mendapatkan kesehatan jasmani dan rohani dari Allah SWT untuk tetap berjuang mengisi kemerdekaan ini dengan perbuatan yang baik untuk agama dan negara tercinta, Indonesia.
Pada kesempatan kali ini, saya berdiri ditempat ini untuk menyampaikan pidato hari pahlawan. kita tahu jika kita semua setuap memasuki tanggal 10 November akan mengingat jika tanggal tersebut adalah Hari bersejarah bagi bangsa, Hari Pahlawan. Hal ini merupakan sebuah refleksi negara kita terkait cara menghargai sejarah masyarakat Indonesia ketika mereka terus berani mengorbankan jiwa dan raga termasuk harta dalam mememrangi para penjajah yang selalu merongrong kedaulatan bangsa. Seyogyanya bagi kita semu auntuk memunculkan sikap nasionalisme dan patriotisme.
Hadirin yang Saya hormati
Pahlawan adalah sosok yang selalu kita banggakan, karena atas jasa mereka yang telah mengorbankan harta, tenaga, sampai jiwa mereka untuk melawan dan mengusir penjajah dengan slogan ‘Hidup atau Mati’ sehingga kita rasakan sekarang ini Indonesia merdeka, Kita sebagai generasi muda penerus bangsa sudah saatny abangkit dan meneruskan cita-cita mulia para pahlawan yaitu membuat harum nama Indonesia dikancah dunia,
Hadirin yang saya hormati
Salah satu yang patut kita contoh dari sikap para pahlawan dulu adalah jiwa patriotisme yang tinggi dan sikap toleransi juga persatuan dan kesatuan yang terus dipupuk walaupun berbeda suku, ras, dan agama sehingga hal inilah yang membawa Indonesia Merdeka dan  jaya. walaupun saat itu Indonesia sangat lemah baik dalam perekonomian dan pangan, akan tetapi para pahlawan terus bahui membahu saling membantu kepada siapapun yang memerlukan pertolongan dan inilah yang patut kita semua tiru.
Hadirin semua
Sekaranglah saatnya bagi kita semua selaku genreasi bangsa untuk memunculkan sikap dan nilai luhur dari pahlawan yang memang sudah lagi tak terasa di era moderen ini. Walaupun begitu, dengan adanya perayaan Hari Pahlawan Nasional ini saya optimis jika kita semua bisa mengharumkan nama Indonesia dimata Dunia.
Hanya ini pidato dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan kata dan saya ucapkan terima kasih.
Baca juga terkait hari pahlawan:  
Demikianlah contoh naskah pidato hari pahlawan 10 november 2016, semoga bisa menginspirasi generasi muda untuk dapat semangat dan menghargai jasa para pahlawan bisa dengan cara berprestasi disekolah  maupun di lingkungan kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *